(Android) Kenapa ada Reactive Programming RxAndroid

March 8, 2017, 12:54 p.m. 5 2532

Sebelumnya saya minta maaf jika sedikit salah menjelaskan. jika ada yang keliru bisa comment di bawah ya...

Kenapa ada reactive programming, apa itu reactive programming. dari pandangan saya reactive programming ini merupakan style cara menulis code. kalau di bahas indonesiakan reactive "reaktif" di jelaskan di kamus bahasa indonesia "sifat cenderung, tanggap, atau segera bereaksi terhadap sesuatu yang timbul atau muncul".

Jadi kalau di ibaratkan seperti ada penjahat yang ingin menodongkan pisolnya ke seseorang yang membawa tas mewah dan emas berkilauan, terus datang deadpool yang secara beraksi membantu. dari kata berekasi atau beraksi siap kapan pun itu merupakan hal yang sensitif di kepala kita. so beraksi ketika kita ngeliat cewek seksi lewat di depan kita. nah kayak itu biaratkan kenapa  ada library ini.

Oh ya reactive programming bukan bahasa pemograman ya. ingat itu teman teman. karena sudah terlalu banyak bahasa jadi semoga tidak terlalu banyak lagi bahasa pemograman yang diciptakan. kalo gak ada keunggulan mending jangan buat bahasa baru. 

Kita persingkat. 

Kalau di android pasti pernah bertemu dengan method Asyntask. yang modelnya seperti ini:

new Asyntask(String,Void,Void)({

     protected Long doInBackground(URL... urls) {
         int count = urls.length;
         long totalSize = 0;
         for (int i = 0; i < count; i++) {
             totalSize += Downloader.downloadFile(urls[i]);
             publishProgress((int) ((i / (float) count) * 100));
             // Escape early if cancel() is called
             if (isCancelled()) break;
         }
         return totalSize;
     }

     protected void onProgressUpdate(Integer... progress) {
         setProgressPercent(progress[0]);
     }

     protected void onPostExecute(Long result) {
         showDialog("Downloaded " + result + " bytes");
     }
})

Nah ini cara kerja sebagian dari Reactive Programming, membuat penjadwalan kapan data di jalankan dan kapan data di lempar, dan kapan data selesai.

Jadi Reactive Programming itu code yang bersifat asyncronus. nah itu ada 2 macam cornus cronus. yang pertama Asynchronous dan Synchronous. bedanya hanya cara pengerjaan kalau mau detailnya Googling aja ya. karena sudah banyak yang menulis apa berbedaanya.

Dari judul di atas Kenapa ada reactive programming. jadi penjelasan reactive androidnya bsok lagi aja ya. karena ini library sangat prowefull dan rekomendasi digunakan di System kita.

Kesimpulannya : kenapa ada reactive programming, jawabannya karena kita butuh code kita itu di jalankan di thread mana. dan untuk penjadwalan itu biasa karena android sudah punya Asyntask jadi itu sama saja.

Kenapa kita butuh code kita jalan di thread mana. ini pertanyaan lagi, karena struktur prosesor sekarang sudah mencapai hexacore. dan pasti akan bertambah lagi core nya itu. jika kita tidak memanfaatkan core core tersebut mubazir banget kan. smartphone bagus dan mahal dengan program yang hanya jalan di satu core. Itu saja kesimpulannya.

di bawah ini ada contoh RXandroid yang saya dapat dari github orang, kalau mau buat lagi mubazir juga nanti, contoh ini  sudah lengkap dari semua fungsi di rxjava. Go training ....

https://github.com/aerdy/RxJava2-Android-Samples

 

Tentang Penulis

Vimio

Kalau bisa jadi 10 akan kita jadikan semua nya 10, 10 jika nilai 0 - 10 yang tertinggi. tapi sayangnya ketika nilai dan niat saling menghianati. bersyukurlah semua apa yang kita dapat dan yang telah di berikan. ya itu nilai 10 yang dikasih. { 1 0 }

Komentar